๐๐ž๐ฌ๐ž๐ซ๐ญ๐š ๐Œ๐“๐๐‡ ๐— ๐Š๐ž๐ฉ๐ซ๐ข ๐“๐š๐ฆ๐ฉ๐ข๐ฅ ๐Œ๐ž๐ฆ๐ฎ๐ค๐š๐ฎ ๐๐ข ๐๐š๐›๐š๐ค ๐…๐ข๐ง๐š๐ฅ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Sejumlah peserta Musabaqoh Tilawatil Qurโ€™an dan Hadits (MTQH) X tingkat Provinsi Kepri tampil memukau di babak final pada Jumat (24/5/2024).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Kabag Kesra Setdako) Batam, Mahlil, mengungkapkan untuk Jumat (24/5/2024), terdapat lima cabang lomba yang memasuki babak final.

โ€œBanyak peserta tampil memukau di babak final. Penampilan peserta juga disiarkan langsung di kalan YouTube Diskominfo Batam,โ€ ujar Mahlil.

Adapun, cabang lomba yang memasuki babak final yakni golongan tilawah anak-anak yang disiarkan langsung dari Astaka Utama, Selain itu, juga golongan tilawah remaja yang disiarkan dari lokasi sama.

โ€œSelain itu, ada hafalan 100 hadis dengan sanad yang disiarkan dari Gedung LAM Batam, dan Syahril Al-Qurโ€™an putra juga masuk babak final yang disiarkan dari Mega Mall. Yang terakhir untuk babak final yakni cabang karya tulis ilmiah Al-Qurโ€™an yang disiarkan dari Politeknik Negeri Batam,โ€ ujarnya.

Selain lomba yang memasuki babak final, di hari sama juga digelar berbagai lomba lainnya yakni golongan Qiroโ€™at Mujawwad Dewasa yang digelar secara online, kemudian Qiroโ€™at Murattal Dewasa yang digelar di Astaka Utama.

Kemudian, Hifzil Qurโ€™an golongan 5 juz dan tilawah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Di lokasi sama juga digelar lomba Tafdil Al-Qurโ€™an golongan Bahasa Inggris.

โ€œUntuk di Masjid Tanjak digelar Hifzil Qurโ€™an golongan 20 juz. Kemudian di One Batam Mall digelar lomba Fahmil Qurโ€™an, dan di SMPN 31 Batam digelar lomba khat Al-Qurโ€™an,โ€ ujarnya.

โ€œAlhamdulillah semua perlombaan berjalan lancar,โ€ tambah Mahlil.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam menyiarkan secara langsung penampilan peserta MTQH X Kepri.

โ€œSejumlah cabang perlombaan kami siarkan secara langsung melalui kanal YouTube Diskominfo Batam,โ€ ujar Kepala Diskominfo Batam, Rudi Panjaitan.

โ€œIni dalam rangka menyukseskan MTQH X Kepri. Masyarakat bisa menyaksikan langsung penampilan peserta melalui kanal YouTube Diskominfo Batam,โ€ tambahnya.

Selain menyiarkan langsung, Rudi Panjaitan menyampaikan bahwa untuk menyemarakkan MTQH X Kepri, pihaknya sudah membuat website khusus.

โ€œWebsite ini menjadi pusat informasi bagi peserta dan masyarakat Kepri yang akan mengikuti perkembangan pelaksanaan MTQH X Kepri di Batam,โ€ ujar Kadis Kominfo.

Ia melanjutkan, Website ini bisa dia akses seluruh masyarakat melalui laman https://mtqh10kepri.batam.go.id/web/ yang dikelola langsung oleh Diskominfo Batam.

โ€œIni bagian dari upaya menyukseskan dan menyemarakan MTQH X Kepri di Batam,โ€ ujarnya.

Untuk diketahui, MTQH X Kepri dipusatkan di Dataran Engku Putri dan berlangsung 20-27 Mei 2024. MTQH X Kepri di Batam diikuti 817 peserta. Dalam hal ini, Kafilah Batam sebanyak 130 orang, Tanjung Pinang 143 orang, Bintan 118 orang, Karimun 100 orang, Lingga 90 orang, Anambas 136 orang, dan Natuna 100 orang.

Sebelumnya, dalam acara pembukaan MTQH X Kepri pada Senin (20/5/2024) malam, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan piala bergilir untuk kembali diperbutkan dalam MTQH X Kepri di Batam.

โ€œMari kita sukseskan dan meriahkan MTQH X Kepri. Batam harus menjadi tuan rumah terbaik dalam penyelenggaraan MTQH X Kepri ini,โ€ ujarnya.

Selain itu, sebagai tuan rumah, Wali Kota Batam menargetkan Batam bisa mempertahankan juara umum MTQH tingkat provinsi Kepri. Untuk itu, ia berharap agar peserta bisa tampil dengan maksimal.

โ€œPiala bergilir sudah diserahkan, kami harap Batam kembali bisa jadi juara umum MTQH,โ€ ujarnya.

Adapun, MTQH X Tingkat Provinsi Kepri memperlombakan Cabang Seni Baca Al-Qurโ€™an, Cabang Qiraโ€™at Al-Qurโ€™an, Cabang Hafalan Al-Qurโ€™an, Cabang Tafsir Al-Qurโ€™an, Cabang Fahmil Al-Qurโ€™an, Cabang Syarhil Al-Qurโ€™an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qurโ€™an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qurโ€™an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi dan Qasidah Rebana.

Di lokasi sama, Wakil Gubernur Kepri yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qurโ€™an (LPTQ) Provinsi Kepri, Marlin Agustia, menyampaikan bahwa rangkaian MTQH X Kepri mulai dari Malam Taโ€™aruf, Pawai Taโ€™aruf, Pelantikan Dewan Hakim, Pembukaan Bazar MTQH X, Pembukaan MTQH X, hingga Penutupan MTQH X Kepri.

โ€œSelamat datang para peserta, kita berkumpul dengan semangat sama menyukseskan MTQH X Kepri. Dengan acara ini, semoga kita saling mengenal dan memperkuat tali persaudaraan. Dan semoga acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala dalam sepekan ke depan,โ€ katanya.

Ia berpesan agar peserta menyiapkan diri dengan matang. Ia ingin hasil MTQH X bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti.

โ€œSuatu kebanggan kita STQH di Jambi mendapat peringkat 4 di Indonesia dari sebelumnya di peringkat 7. Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik lagi,โ€ ujarnya.

Bagikan: