Diskominfo Kota Batam Menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Service Desk Tingkat 1

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam mengadakan Bimbingan Teknis bagi Service Desk Tingkat 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam pada Rabu (30/3/2022) di Aula Engku Hamidah Lantai 4 Kantor Walikota Batam. Acara ini dibuka oleh Kepala Diskominfo Kota Batam yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Tyas Satria Manggala, S.STP, M.Si dan dihadiri sebanyak 75 orang peserta dari 39 OPD se-kota Batam.

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintahan Kota Batam, Service Desk Tingkat 1 adalah staf atau unit di perangkat daerah yang memiliki tugas dan wewenang sebagai pihak pertama yang dihubungi pengguna layanan TIK (single point contact) untuk selanjutnya menyelesaikan masalah TIK di perangkat daerah pemilik layanan.

Bimtek ini terbagi menjadi tiga sesi yang diisi oleh narasumber dari Diskominfo Kota Batam. Sesi yang pertama membahas sekilas tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Service Desk yang dipaparkan oleh Dodi Hamdani, S.Kom, dan praktik penggunaan sistem tiket aduan yang dibimbing oleh Samsul Anwar.

Dilanjutkan dengan sesi kedua tentang email.batam.go.id dan pentingnya menjaga keamanan akun email resmi batam.go.id serta aturan-aturan terkait penggunaan email yang disampaikan oleh Irpan Syarif Hsb, S.Kom, yang juga menekankan pentingnya peran Service Desk tingkat 1 bekerja sama dengan Service Desk tingkat 2 dalam menyelesaikan permasalahan layanan SPBE. Sesi kedua ditutup dengan praktik penggunaan email, sinkronisasi klien, pengaturan ulang sandi oleh Nadya Tri Ayunestina. Email resmi batam.go.id diharapkan dapat digunakan secara maksimal di setiap dinas dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Selanjutnya, sesi ketiga tentang troubleshooting jaringan disampaikan oleh Irpa Darojat, S.T. Penyampaian sesi ketiga berbeda dengan dua sesi sebelumnya, Irpa mengajak peserta bimtek untuk berpartisipasi dalam kuis tentang troubleshooting jaringan dengan tujuan untuk mendalami materi yang beliau sampaikan.