
๐๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐๐จ ๐๐๐ญ๐๐ฆ โ Capaian SP4N LAPOR! di Batam menunjukkan kinerja yang baik dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat. Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengapresiasi capaian tersebut.
Hal ini disampaikan Amsakar saat membuka Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) โ Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kota Batam, yang digelar di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (19/6/2025).
Berdasarkan penilaian Ombudsman RI, tingkat kepatuhan pelayanan publik Batam mencapai angka 88,73, yang masuk dalam kategori A atau nilai tertinggi secara nasional.
โIni capaian yang patut kita syukuri bersama. Nilai A bukan hasil kerja biasa-biasa, tapi hasil kerja luar biasa dan kolaboratif. Tapi yang terpenting, capaian ini jangan membuat kita lengah. Jangan sampai justru turun. Selalu ada cara untuk bisa dan selalu ada cara untuk lebih baik lagi,โ ujar Amsakar.
Ia menekankan pentingnya forum rapat koordinasi ini sebagai ruang curah pikir dan berbagi praktik baik antar-OPD dalam pengelolaan aduan publik. Menurutnya, laporan yang masuk lewat SP4N-LAPOR! menjadi cermin kualitas pelayanan publik yang diberikan pemerintah.
โKalau laporan baik, itu artinya kinerja kita juga baik. Tidak mungkin hasilnya baik jika prosesnya buruk. Maka praktik baik itu harus ditularkan ke OPD lain. Rapat ini menjadi tempat untuk saling belajar dan mencari cara agar pengelolaan SP4N-LAPOR! kita bisa lebih baik lagi,โ tambahnya.
Amsakar juga mendorong seluruh perangkat daerah untuk terus mencari terobosan dan inovasi dalam menyelesaikan laporan masyarakat. โSaya berpesan, mudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusan kita,โ katanya.
Dalam arahannya, Amsakar juga menyoroti pentingnya responsivitas dalam menangani aduan masyarakat, khususnya yang berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar, seperti air bersih, persoalan banjir, dan pengelolaan sampah.
โSetiap laporan masyarakat adalah cerminan harapan mereka. Maka setiap persoalan, sekecil apa pun, jangan dibiarkan berlama-lama tanpa penyelesaian. Air bersih, banjir, sampah ini menyangkut kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Kita harus hadir dan cepat menindaklanjuti,โ tegas Amsakar.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Komuniksi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Titin Yuniarti, menerangkan, rapat ini sekaligus menjadi momentum untuk melakukan koordinasi, evaluasi, dan penguatan terhadap pengelolaan sistem pengaduan layanan publik yang terintegrasi secara nasional melalui platform SP4N-LAPOR!.
โUntuk tahap pertama ini diikuti 100 peserta. Rencana, tahap 2 akan diikuti 120 peserta yang rencana akan digelar pada Agustus mendatang,โ katanya.
Foto: Dheo
Rilis: Fadhil